Vent-I

Alat CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) Vent-I semakin dekat ke tahap produksi. Pada hari Selasa, 14 April 2020 purwarupa Vent-I menjalani uji performansi di kantor Badan Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK), Jakarta.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, seluruh fungsi alat untuk membantu pernafasan berjalan dengan baik sesuai parameter yang diminta. Tekanan yang terukur stabil sesuai dengan hasil kalibrasi sebelumnya di Bandung. Dalam tahapan sebelumnya di Bandung, telah dilakukan pengujian internal yang menghasilkan parameter tekanan, aliran dan fraksi oksigen yang diharapkan. Selanjutnya, prototipe Vent-I akan melalui uji endurance selama 12 jam untuk melihat perbaikan minor apa yang perlu dilakukan, disamping uji keamanan elektrik. Tahap pengujian terakhir bagi alat ini nantinya adalah uji medis.

Sementara itu, Tim Manajemen Produksi mulai bekerja menyusun BoM (Bill of Material), prosedur kerja dan petunjuk penggunaan alat. “Proses produksi manual dan persiapan pabrikasi telah dimulai. Kami menunggu secara resmi alat ini diterima (dinyatakan layak pakai–red.) oleh pemerintah. Sebab kami sangat ingin segera menyerahkan produk ini kepada yang memerlukan,” ujar Dr. Syarif Hidayat selaku pimpinan tim Vent-I. [sinta & ari]

Last modified: 24 April 2020