Ada kisah lain dibalik pengembangan Vent-I yaitu peran Mahasiswa dan Alumni. Saat ini, semua perguruan tinggi di Indonesia melakukan pembelajaran jarak jauh termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Beberapa mahasiswa ITB dilibatkan langsung dalam pembuatan Vent-I, salah satunya mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan, mahasiswa jurusan Teknik Mesin yang tidak disebutkan namanya ini berinisiatif atas dasar sukarela untuk ikut dalam proses pembuatan Vent-I, tergabung dalam tim Desain Mekanikal dan Munfaktur dengan pekerjaan utama membuat alat dan beberapa kompenen seperti flow meter.

Dalam pengerjaannya, adik ini berbagi tugas dengan mahasiswa lain dikarenakan jadwal kuliah yang harus diikuti, termasuk tugas kuliah yang harus dituntaskan.

Adik ini tampak begitu bersemangat dalam pengerjaan Vent-I dikarenakan khawatir dengan kondisi pasien COVID-19 di Indonesia yang semakin hari bertambah dan berharap sesegera mungkin dapat menyelesaikan pembuatan Vent-I. “Banyak pelajaran dan pengalaman kerja yang saya dapatkan disini, karena berkumpul dan bekerja sama dengan berbagai multidisplin ilmu tentunya juga dengan dosen, oh iya sebelumnya saya juga sudah minta izin sama orang tua untuk terjun dalam tim Vent-I” ucapnya.

Disamping itu, alumni juga ikut berperan dalam pengembangan Vent-I. Salah satu alumni mahasiswa Desain Produk menjadi ketua tim dalam desain Vent-I ini. Diceritakan dalam pengerjaannya, salah satu tantangan yang dihadapi yaitu bahan dan manufaktur yang harus sesuai dan waktu pengerjaan harus lebih cepat dikarenakan setiap harinya pasien COVID-19 terus bertambah.

“Sekarang ini, desain untuk casing sudah fix. tetapi tidak menutup kemungkinan akan dibuat berbeda kedepannya, karena sedang mengejar waktu dan lebih mengutamakan untuk fungsi dari kerja Vent-I.” Ucapnya.

Selain mahasiswa dan alumni, terdapat pihak – pihak lain yang turut membantu dalam pengerjaan Vent-I. Mari bersama – sama berdoa agar pengerjaan Vent-I berjalan lancar dan segera dapat diproduksi massal. [Ari]

Last modified: 1 Mei 2020