Dari beberapa kali mendamping pengujian internal performance Vent-I, penilaian tim medis Fakultas Kedokteran (FK) UNPAD dari sisi prinsip alat untuk keamanan secara medis dinilai sudah baik secara teori. Selanjutnya perlu proses evaluasi oleh badan formal dari Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan izin agar bisa digunakan.

Sebelum akhirnya dinyatakan lolos uji ada beberapa evaluasi berkaitan dengan syarat alat medis, yaitu jangan ada benda-banda tajam, harus tahan karena dipakai berhari-hari (satu pasien bisa sampai 10-14 hari), uji kelistrikan, dan yang tidak kalah penting adalah keberadaan alarm sebagai tanda tiba-tiba oksigen mati misalkan. Semua evaluasi tersebut kemudian sudah diperbaiki. Sebelum prototype dibawa ke Jakarta, pihak tim medis juga telah melakukan uji coba alat oleh dokter untuk merasakan langsung aliran oksigen.

Beberapa parameter medis seperti angka objektif berkaitan dengan tekanan pernapasan, berapa oksigen yang keluar, bagaimana udara ekshalasi atau udara napas keluar sudah dimonitori dalam proses pengujian oleh BPFK-Jakarta.

Last modified: 2 Mei 2020

Next »